Kamis, 24 Januari 2013

beternak ikan leleyang baik (terbaru 2013)




Peternakan dan budidaya ikan lele memang masih banyak diminati karena permintaan pasar terhadap ikan lele cukup tinggi, pemeliharaan nya tidak terlalu sulit dan panen nya juga membutuhkan waktu relative tidak lama kira-kira 2-3 bulan sudah bisa dipanen.
Untuk artikel kali ini kita akan membahas budidaya ikan lele dumbo yang tentunya lele yang di cari oleh pasar yang kolamnya kita gunakan terpal banyak juga kelebihan jika menggunakan terpal  ialah tidak memerlukan lahan yang luas untuk membuat kolam dari terpal, terhindar dari pemangsa ikan liar, mudah untuk mengatur volume air, lele yang dihasilkan bisa dikatakan berkwalitas bersih dan seragam.
Berikut adalah tahapan yang bisa anda lakukan untuk memulai budidaya ikan lele dumbo

1.  Membuat kolam terpal
Anda bisa memakai terpal yang sudah tidak terpakai atau membeli yang baru dipasar harga terpal tergantung kwalitasnya semakin tebal dan tahan terpal semakin mahal harganya namun anda tidak perlu risau anda bisa juga menggunakan terpal yang seharga 50ribuan itu tidak masalah. Siapkan juga batang bambu yang sudah tua untuk tempat pengikatan terpal dan juga 4 tiang penyangga untuk tempat penyatuan rangkaian bambu lebih baik jika tiang penyangga batang yang hidup supaya lebih awet jika tidak ada batang hidup balok atau kayu biasa juga sudah cukup jika semua bahan sudah siap anda bisa langsung membuat kolam di lahan yang akan anda jadikan tempat budidaya ikan lele tersebut. Anda bisa juga mengali tanah untuk tempat kolam terpal hal ini bertujuan supaya terpal tidak mudah rusak dan daya tahan nya baik.

2.  Persiapan sebelum memasukan bibit lele
Cuci dahulu bagian dalam terpal hal ini bertujuan untuk membuang zat-zat kimia yang bisa menganggu kondisi kesehatan bibit yang akan kita budidayakan . kemudian kolam didiamkan satu hari atau sampai kering. Kemudian masukan air kira-kira 30 cm dan  masukan juga pupuk tsp, urea, dan pupuk kandang hal ini bertujuan untuk membuat makanan alami bagi bibit lele lalu air kolam didiamkan selama seminggu kemudian baru bisa dimasukan bibit ikan lele.    

   
3. Memasukan bibit lele kedalam kolam
Senelum anda memasukan bibit lele kedalam kolam ada baiknya anda merendam benih ikan lele tersebut bersama kantong plastic pembungkusnya kedalam kolam hal ini bertujuan supaya ikan bisa beradaptasi dengan suhu air didalam kolam kira-kira 15 menit kemudian anda sudah bisa melepas lele kedalam kolam. Pada awal pemasukan bibit  kedalaman air kira-kira 30 cm ini bertujuan supaya bibit ikan lele tidak letih untuk bolak-balik mengambil oksigen dan perbulan volume air sedikit agak di tambah dan jangan lupa didalam kolam dimasukan tumbuhan air tempat ikan lele bersembunyi karena dihabitatnya ikan lele sanggat suka bersembunyi.


4. Pemeliharaan ikan lele
Ikan lele di beri makan 2 kali sehari tetapi akan lebih baik jika lebih dari 2 kali dengan porsi sedikit agak dikurangi dan jika di sekitar anda terdapat siput,keong mas, usus ayam cacing maupun makanan tambahan lain hal ini bisa membuat ikan bertumbuh lebih cepat dan gemuk-gemuk makanan tambahan ini sebisa mungkin di beri 1 bulan sekali namun dibulan ke 3 dilakukan  sebanyak  2 minggu sekali untuk cacing anda bisa juga membudidayakan nya khusus untuk makanan ikan lele peliharaan anda lain kali akan saya bahas bagaimana cara budidaya cacing tanah. Untuk air juga anda bisa mengurangi 30% air untuk diganti dengan air baru supaya kolam tidak terlalu kotor walaupun ikan lele tahan terhadap air yang kotor tetapi air yang kotor akan membuat ikan lele kelihatan tidak sehat dan tidak segar.

5.  Panen
Dalam waktu 2-3 bulan biasanya ikan lele sudah siap di pasarkan sebaiknya saat anda memanan ikan anda harus menyortir ikan lele dan memisahkan antara yang besar dan yang kecil untuk yang besar bisa anda jual sedangkan yang kecil untuk anda pelihara lagi biasanya berat ikan lele 5-10 ekor bisa mencapai 1 kg dan harga ikan lele juga dibilang cukup mahal antara 9000-12.000 rupiah perkilonya.. bagaimana anda sudah siap menjadi pembudidaya lele ???



Tidak ada komentar:

Posting Komentar